Ajaran Samin (disebut juga Pergerakan Samin atau Saminisme) adalah salah satu suku yang ada di Indonesia. Masyarakat ini adalah keturunan para pengikut Samin Surosentiko yang mengajarkan sedulur sikep, di mana mereka mengobarkan semangat perlawanan terhadap Belanda dalam bentuk lain di luar kekerasan.

Kegiatan Bulan Bhakti LPMD 2016

Sebelum tahun 1998 pernah dilakukan dalam upaya meningkatkan Pembangunan dan Pemberdayaan masyarakat pernah dilakukan oleh Lembaga Ketahanan Masyarakat Desa ( LKMD ) yang dinamakan Bulan Bhakti LKMD.
Karena dalam amanah Undang Undang nomor 6 Tahun 2016 justru tugas pokok Pemerintah selain Bidang Pemerintahan Pembangunan Kemasyarakatan ditambah Pemberdayaan Masyarakat.
Dengan memahami hal tersebut sangat eronis kalau sekarang justru Lembaga Kemasyarakatan yang dulunya LKMD sekarang menjadi LPMD atau sebutan lain tinggal nama tidak ada kegiatan maupun penganggaran dari APBDes.
LPMD Desa Kalangan yang di Ketuai Imam S berusaha untuk proaktif dalam melakukan kegiatan Pemberdayaan Masyarakat dalam kegiatannya telah melakukan langkah memberikan motivasi dan sufot kepada masyarakat yang sudah memliki imbrio kegiatan kreatif.
Seksi Ekonomi memberikan bantuan stimulan senilai Rp.500.000,- pada sdri Nursiti yang mempunyai usaha roti kacang dan berbagai roti kering maupun basah yang biasanya hanya melayani kalau ada pesanan.
Seksi Pemberdayaan Perempuan juga membantu pada pembuat Olahan bahan singkong senilai Rp.500.000 kepada Kelompok Dsn Suryo yang diketuai sdri.Warsiti dan Dusun Pandean sdri. Harti.
Seksi Kamtibmas memberikan motifasi pada Pos Kamling akif berupa telivisi untuk 2 Pos Kamling di 2 Dusun bagi masing masing 1 unit yang kondisinya masyarakat aktif melakukan ronda malam.
Seksi Agama dalam memberdayakan Umat selain mengadakan motifasi melalui majlis ta'lim di Dusun dusun untuk Halal bilhalal tahun 1437 H / 2016 mengadakan kebersamaan antara ulama' dan umaro' Desa bersama masyarakat di Balai desa Kalangan.
Dari kegiatan tersebut bersumber dari APBDes yang diajukan melalui Musrenbang khususnya alokasi Operasional LPMD Tahun 2016  ini menganggarkan senilai Rp.8.000.000,-
Sehubungan anggaran yang sudah realisasi baru 50 % sehingga Seksi lainnya akan dilakukan kegiatan setelah realisasi tremen ke 2.
Memberikan pada masyarakat yang sudah mempunyai kegiatan ini karena mengambil pengalaman dari beberapa kegiatan kegiatan sebelumnya  bagi kelompok maupun perorangan  yang belum punya kegiatan walaupun sudah diberi pelatihan dan dibantu peralatan namun rata rata tidak ada tindak lanjut.
Dengan mensufot yang sudah berjalan agar memunculkan rasa iri untuk punya upaya aktif kreatif dan inovatif agar kedepan lebih maju.
Mengingat anggaran APBDes kian tahun kian naik sehingga tidak mustahil kalau Pemberdayaan masyarakat ini bisa dilakukan Bulan Bhakti LPMD yang semakin tahun juga akan semakin meningkat termasuk penganggarannya.

0 Response to "Kegiatan Bulan Bhakti LPMD 2016"

Posting Komentar

Sekertariat

Kelompok Informasi Masyarakat (KIM)
Alamat : Jl.Perhutani 001 Kalangan Margomulyo Bojonegoro
Telp : 085235512000
Twitter : @KIMMBSamin
Email : kimkalanganmbsamin@gmail.com

Informasi

Pingen Agar Tidak Ketinggalan Informasi Desa-Desa, Masukkan Alamat Email Anda Di Bawah Ini Untuk Berlanganan Informasi