Ajaran Samin (disebut juga Pergerakan Samin atau Saminisme) adalah salah satu suku yang ada di Indonesia. Masyarakat ini adalah keturunan para pengikut Samin Surosentiko yang mengajarkan sedulur sikep, di mana mereka mengobarkan semangat perlawanan terhadap Belanda dalam bentuk lain di luar kekerasan.

Banyak Cara Petani Mencari Untung

IMG_3821Bertempat dilahan pertanian milik mbok Maryati Dusun Suryo Desa Kalangan seorang janda yang memiliki lahan dikawasan hutan ( bahon ) sekitar 0,50 ha.
Lahan tersebut diawal musim penghujan oleh mas Yudha Nugraha petugas lapangan dari PT.Mosanto produksinya bibit jagung Deklap perbagai tipe digunakan untuk demplot beberapa jenis untuk perbandingan para pentani dalam meyakinkan keberadaan jagung DK tersebut.
Selain lahan lilik mbok Maryati juga lahan kiri kanannya ikut sebagai demplot dan kegiatan ini merupakan kegiatan runtin mas Yuda dalam mentranspormasikan ilmunya.
Sementara uji rendmen mengambil 4 tipe 3 tipe dari DK itu sendiri sedangkang 1 dari faritas merek lainnya.
IMG_3825Hasil yang dieroleh setelah dilakukan para perwakilan kelompok tani dari berbagai dusun sbb:
Bibit 1 kg jenis DK 888 pipilan basah mencapai: 502 kg rendemen ( 79,5 % )
Bibit 1 kg Jenis DK 95 pipilan basah mencapai: 442 kg rendemen ( 78,5 % )
Bibit 1 kg Jenis DK 77 pipilan basah mencapai: 508 kg Rendemen ( 81,5 % )
Bibit 1 kg Varitas lainnya pipilan basah : 436 kg rendemen ( 80,5 % )
dari beberapa jenis tersebut ditanam dengan likasi yang sama dan di berlakukan perawatan yang sama.
Kegiatan ini dilakukan oleh kelaompok tani dalam upaya meningkatkan pendapatan para petanti khususnya petani jagung agar tidak panatik disalah sati faritas sehingga disaan ada yang sudah mulai rentan terhadap penyakit bisa punya alternatif.
Mamang sudah beberapa tahun ini para kelompok tani membangun kemitran dengan Perusahaan bibit jagung tidak hanya salah satu jenis tapai berbagai jenis Perusahaan karena untuk mensikapi kultur tanah maupun tingkat kepanatisme petani itu sendiri
Walaupun setiap tahun sama sama masuk alhamdulillah harmonis dan kondusif karena bisa saling menjaga prinsip kemitraan adalah bisa menjaga komitmen kerra sama yang saling menguntungkan.

0 Response to "Banyak Cara Petani Mencari Untung"

Posting Komentar

Sekertariat

Kelompok Informasi Masyarakat (KIM)
Alamat : Jl.Perhutani 001 Kalangan Margomulyo Bojonegoro
Telp : 085235512000
Twitter : @KIMMBSamin
Email : kimkalanganmbsamin@gmail.com

Informasi

Pingen Agar Tidak Ketinggalan Informasi Desa-Desa, Masukkan Alamat Email Anda Di Bawah Ini Untuk Berlanganan Informasi