Ajaran Samin (disebut juga Pergerakan Samin atau Saminisme) adalah salah satu suku yang ada di Indonesia. Masyarakat ini adalah keturunan para pengikut Samin Surosentiko yang mengajarkan sedulur sikep, di mana mereka mengobarkan semangat perlawanan terhadap Belanda dalam bentuk lain di luar kekerasan.

Pinjam Sambil Beramal

SAM_6530
Peminjam sambil beramal bisa diwujudkan oleh kelompok SPP di setiap Desa dan Kecamatan wilayah Program PNPM MPd.
Dibuktikan adanya setiap tahun hasil surplus selain yang minimal 50 % untuk tambah modal aset yang dikelola UPK maximal 35 % untuk membiayai Kelembagaan yang minimal 15 % untuk bantuan sosial ( bansos ) yang diberikan langsung sasaran rumah tangga sangat miskin ( RTSM ).
UPK di Kecamatan Margomulyo pada tahun 2014 Surplus yang 15 % bisa mencapai Rp.75.000.000,- ( tujuh puluh lima juta rupiah )
Dana tersebut pada waktu Musyawarah Antar Desa ( MAD ) tutup buku disepakati untuk pengadaan kambing yang akan dibagikan RTSM se Kecamatan Margomulyo.
SAM_6551
Sebagian Kambing Yang Akan Dibagikan
Karena dalam pembagian tidak cumak beli langsung bagi sehingga perlu adanya proses lelang diawali dari pembentukan Panitiya lelalng lebih dahulu.
Panitiya lelang tahun ini diketuai oleh Sdr. Lamidi mantan Ketua TPK Desa Margomulyo dan beranggotakan semua KPMD diberbagai desa dalam Wilayah Kecamatan Margomulyo.
Pada hari senin tanggal, 23 Maret 2015 dilaksanakan lelang dengan menghadirkan 3 suplyer masing masing 1, Sdr. Suseno 2.Darlan 3. Sdr.Parlan dan setiap Suplyer membawa contoh kambing sesuai yang akan dibagikan.
Sedangkan hasil lelang setelah dilaksanakan secara tranparan dimenangkan oleh sdr. Suseno dengan penawaran dana Rp.75 juta yang dikurangi BOP untuk Panitya tinggal Rp.72.000.000,- mendapatkan 72 ekor kambing.
Setelah dilakukan negosiasi akhirnya pihak suplyer menambah 1 ekor kambing sehingga untuk tahun ini kambing yang akan dibagikan sebanyak 73 Ekor.
Penyerahan diawali secara simbolis pada tanggal, 24 Maret 2015 bertempat di Pendopo Kecamatan Margomulyo yang akan diserahkan oleh Ibu. Setyo Hartono ( Istri Wabub ) bersamaan dengan penilan lomba senam porwosi TK Kecamatan Margomulyo.
Adapun pembagian sesuai dengan hasil musyawarah Desa Sumberjo,17 Ekor, Desa Margomulyo 15 Ekor, Desa Meduri 14 Ekor sedangkan Desa Kalangan, Ngelo dan Geneng masing-masing 9 Ekor.
Setelah penyerahan secara simbolis selanjutnya oleh panitya dan Suplyer menyerahkan langsung ke Desa desa se wilayah Kecamatan Margomulyo karena dengan harga sesuai dengan komitmen sampai alamat desa masing masing.
Kecamatan Margomulyo semenjak surplus tahun pertama sampai sekarang selalu kambing karena dievaluasi perkembangannya cukup lumayan dan mudah dalam pengelolaan.

0 Response to "Pinjam Sambil Beramal"

Posting Komentar

Sekertariat

Kelompok Informasi Masyarakat (KIM)
Alamat : Jl.Perhutani 001 Kalangan Margomulyo Bojonegoro
Telp : 085235512000
Twitter : @KIMMBSamin
Email : kimkalanganmbsamin@gmail.com

Informasi

Pingen Agar Tidak Ketinggalan Informasi Desa-Desa, Masukkan Alamat Email Anda Di Bawah Ini Untuk Berlanganan Informasi