Ajaran Samin (disebut juga Pergerakan Samin atau Saminisme) adalah salah satu suku yang ada di Indonesia. Masyarakat ini adalah keturunan para pengikut Samin Surosentiko yang mengajarkan sedulur sikep, di mana mereka mengobarkan semangat perlawanan terhadap Belanda dalam bentuk lain di luar kekerasan.

Perhutani Sedang Bintek Dengan Pesanggem/Penggarap

Habis Bintek Exen Bersama
Habis Bintek Exen Bersama
Dalam mewujudkan kemitraan yang baik antara Perhutani KPH Ngawi dengan para penggarap lahan yang tergabung di LMDH Lestari Mulyo Desa Kalangan Kecamatan Margomulyo Kabupaten Bojonegoro telah mengadakan bimbingan teknis ( Bintek ) menanam yang baik dan benar.
Acara tersebut dihadiri dari Waka ADM Ngawi yang berkenan hadir Bp. Agus SP sebagai Ajun Ngawi barat dengan para Pejabat lainnya seperti Kaurren,KSS PHBM Asper Kedawak Utara para KRPH dan stap lainnya serta para penggarap di Petak IV RPH Kaligede BKPH Kedawak Utara.
Materi yang disampaikan terkait dengan teknis penanaman yang baik serta beberapa komitmen yang disepakati bersama untuk terwujudnya hutan bisa lestari.
20150311_091208Komitmen yang disepakati ada beberapa aitem diantaranya tidak menggunakan semprot obat rumput pada waktu tanaman masih kecil, tidak boleh membuang limbah pada area bebas ( 100 cm pada baris tanaman pokok ) tidak menanam pisang diarea tanamanpokok tidak membakar limbah didalam lahan yang berdampak mengganggang kehidupan tanaman pokok dan beberapa hal lainnya.
Setelah komitmen disepakati dilanjutkan penanda tanganan bersama yang diwakili oleh beberapa perwakilan daru unsur Perhutani maupun paerwakilan para penggarap.
Kegiatanan ini tidak hanya dilakukan di RPH Kaligede namun juga dilakukan di setiap RPH yang ada tanaman baru agar para petani penggarap bisa lebih hati hati dalam pengolahan lahan agar tanaman pokok tidak terganganggu.
Prinsip yang dibangun adalah kemitraan yang saling menguntungkan. Jadi petani merasa untung bisa menggarap lahan tanpa sewa hasil tanaman tumpang sari dinikmati sendiri sedangkan pihak Perhutani merasa untung ada masyarakat ikut partisipasi dalam pembangunan hutan hijau kembali.

0 Response to "Perhutani Sedang Bintek Dengan Pesanggem/Penggarap"

Posting Komentar

Sekertariat

Kelompok Informasi Masyarakat (KIM)
Alamat : Jl.Perhutani 001 Kalangan Margomulyo Bojonegoro
Telp : 085235512000
Twitter : @KIMMBSamin
Email : kimkalanganmbsamin@gmail.com

Informasi

Pingen Agar Tidak Ketinggalan Informasi Desa-Desa, Masukkan Alamat Email Anda Di Bawah Ini Untuk Berlanganan Informasi