Ajaran Samin (disebut juga Pergerakan Samin atau Saminisme) adalah salah satu suku yang ada di Indonesia. Masyarakat ini adalah keturunan para pengikut Samin Surosentiko yang mengajarkan sedulur sikep, di mana mereka mengobarkan semangat perlawanan terhadap Belanda dalam bentuk lain di luar kekerasan.

Pemanfaatan Lahan Dibawah Tegakan

Kebun Kunir Dibawah Tegakan
Kunir merupakan tanaman  jenis empon-empon yang selama ini bisa dibilang tanaman terabaikan  oleh banyak kalangan terutama para petani. Karena tanaman tersebut di anggap tidak bisa memberi nilai tambah di bidang perekonomian para petani dan hanya dibutuhkan sekali tempo saja. Itupun dalam jumlah yang kecil dan tidak semua orang membutuhkan.

Biasanya tanaman tersebut ditanam, di lingkungan sekitar rumah dan jumlahnya sangat kecil sekali, karna di anggap mengganggu jenis tanaman produk yang lain yang lebih penting.

Selain terkesan kumuh, kurang enak dipandang bila ditanam, Kunir juga umarnya sangat panjang (lama) untuk berproduksi, disbanding jenis tanaman polowijo yang lain (jagung,kedelai,kacang,dll) dalam kurun waktu kurang lebih 3,5 bulan sudah berproduksi dan bisa dipanen serta bisa memberi nilai tambah bagi para petani. Itulah sebabnya tanaman kunir terabaikan oleh banyak kalangan.

Namun dibalik semua itu ternyata Kunir merupakan tanaman jenis empon-empon yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat  pada umumnya. Betapa tidak, kunir merupakan bahan baku obat herbal yang tidak mempunyai efek samping, yang sangat dibutuhkan banyak kalangan.

Selain bahan obat,Kunir  juga merupakan  sebagai bumbu masak dapur ,yang mempunyai rasa khas tersendiri dan memberi warna masakan yang dapat menggugah selera makan serta si Kunir merupakan bahan baku jamu gendong yang banyak dikumsumsi masyarakat. Betapa Pentingnya manfaat dari tanaman kunir.

Mengingat segi manfaat si Kunir tersebut warga masyarakat desa di limgkungan kawasan hutan (desa Kalangan red). terutama para petani pesanggem lading mbaon ( yang sudah habis masa kontraknya dengan perhutani).

1 Response to "Pemanfaatan Lahan Dibawah Tegakan"

Sekertariat

Kelompok Informasi Masyarakat (KIM)
Alamat : Jl.Perhutani 001 Kalangan Margomulyo Bojonegoro
Telp : 085235512000
Twitter : @KIMMBSamin
Email : kimkalanganmbsamin@gmail.com

Informasi

Pingen Agar Tidak Ketinggalan Informasi Desa-Desa, Masukkan Alamat Email Anda Di Bawah Ini Untuk Berlanganan Informasi